Mengenal Intraocular Lens (IOL)

Mengenal Intraocular Lens (IOL)

Mengenal Intraocular Lens (IOL) : Jenis dan Keunggulannya

Katarak merupakan suatu kondisi di mana lensa mata mengalami kekeruhan, di mana apabila tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan kebutaan. Cara mengatasinya hanyalah dengan operasi katarak. Pada operasi katarak, akan dilakukan penanaman lensa buatan atau Intraocular Lens (IOL) untuk menggantikan lensa alami yang sudah keruh tadi.

Terdapat berbagai jenis IOL yang tersedia saat ini, dengan berbagai manfaat serta keunggulan yang ditawarkan. Oleh karenanya, penting untuk kita mengerti apa saja jenis IOL, bagaimana fungsinya, serta manfaatnya.

  1. IOL Monofokal

Ini adalah jenis lensa buatan yang paling sederhana, di mana lensa ini memungkinkan pengguna untuk melihat hanya pada satu fokus jarak saja (jarak jauh atau jarak dekat saja). Jadi, apabila seorang pengguna IOL monofokal sedang melihat seseorang pada jarak dekat, pemandangan di belakang orang tersebut akan tampak kabur. Sebaliknya, bila ia melihat pemandangan pada jarak jauh, orang di depannya akan tampak kabur. Biasanya, pengguna IOL monofokal juga tetap membutuhkan tambahan kacamata baca setelah operasi katarak.

  1. IOL Torik

Ini adalah jenis IOL khusus yang diperuntukkan bagi penderita silinder/asitgmatisme. Lensa ini mampu menghasilkan penglihatan jarak jauh yang baik setelah operasi, sehingga pasien dapat terbebas dari kacamata untuk melihat jauh. Namun, seringkali pengguna IOL torik masih membutuhkan kacamata untuk penglihatan jarak dekat maupun untuk membaca.

  1. IOL Akomodasi

Ini adalah jenis IOL premium di mana lensa ini mampu membuat pengguna melihat pada jarak jauh, menegah, maupun dekat dengan baik. Meskipun Anda dapat terbebas dari penggunaan kacamata untuk melihat ataupun membaca pada jarak jauh maupun menengah, Anda mungkin masih membutuhkan kacamata pada saat membaca.

  1. IOL Multifokal

Ini adalah jenis IOL premium yang terbaik saat ini. Hampir sama dengan IOL akomodasi, lensa ini mampu membuat pengguna melihat pada jarak jauh, menengah, maupun jarak dekat dengan baik. Hanya saja, lensa ini mempu menghasilkan penglihatan jangka dekat yang lebih baik dari IOL akomodasi, sehingga kemungkinan pasien untuk terbebas total dari penggunaan kacamata semakin besar. Lensa ini sangat cocok untuk dewasa dengan aktivitas tinggi, atlet, atau mereka yang tidak menginginkan penggunaan kacamata sama sekali.

Dokter akan menyarankan jenis IOL yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Terkadang, Anda dapat dilakukan pemasangan IOL dengan jenis yang berbeda pada mata kanan dan kiri. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki silinder yang lebih tinggi pada satu mata, dokter dapat menyarankan pemasangan IOL torik pada mata tersebut dan IOL multifokal pada mata lainnya sehingga Anda dapat terbebas dari penggunaan kacamata setelah operasi.

Pemasangan IOL ini merupakan tindakan medis rawat jalan, sehingga Anda tidak perlu menginap di rumah sakit. Tindakan ini relatif cepat, kurang lebih 30 menit sampai satu jam,  Karena teknologi bedah katarak saat ini sudah sangat berkembang, sebagai pasien anda  tidak perlu merasa khawatir.

No Comments

Post A Comment

Call Now

Assalamualaikum, kami senang mendengar anda.

contact with us