Ulkus Kornea

Ulkus Kornea

Ulkus kornea adalah luka terbuka pada kornea yang paling sering disebabkan oleh infeksi. Kondisi yang juga disebut keratitis ini tergolong kondisi darurat medis. Apabila tidak segera ditangani, ulkus kornea dapat mengakibatkan kebutaan.

Kornea adalah selaput bening yang terletak di depan mata. Organ ini memiliki banyak fungsi, yang salah satunya adalah untuk membiaskan cahaya yang masuk ke mata. Dengan kata lain, kornea sangat menentukan kemampuan seseorang untuk melihat dengan jelas.

Penyebab Ulkus Kornea

Ulkus kornea paling sering disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit, Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Infeksi virus

Ulkus kornea dapat disebabkan oleh infeksi virus herpes simplex (HSV) pada mata. Infeksi akibat virus ini dapat kambuh dari waktu ke waktu. Kekambuhan dapat dipicu oleh stres, melemahnya daya tahan tubuh, atau paparan sinar matahari ke mata yang terlalu lama.

Selain herpes simplex, ulkus kornea juga dapat disebabkan oleh infeksi virus Varicella. Infeksi virus dapat terjadi melalui kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi virus varicella atau HSV. Namun, biasanya virus menyerang bagian tubuh yang lain terlebih dahulu sebelum mata.

2. Infeksi bakteri

Ulkus kornea yang disebabkan oleh infeksi bakteri biasanya terjadi akibat memakai lensa kontak dalam waktu yang lama. Kondisi tersebut membuat kornea tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga rentan terinfeksi.

Bakteri bisa tumbuh pada lensa kontak yang tergores atau tidak dirawat dengan baik. Selain itu, bakteri juga dapat tumbuh di cairan pembersih lensa kontak. Bakteri tersebut dapat berkembang dan memicu terjadinya ulkus, terutama bila lensa kontak yang terkontaminasi tadi dipakai dalam waktu lama.

3. Infeksi jamur

Ulkus kornea yang disebabkan oleh infeksi jamur tergolong jarang. Infeksi jamur pada kornea umumnya terjadi ketika mata terkena material organik, misalnya ranting tanaman atau benda yang terbuat dari tanaman.

Selain itu, ulkus kornea akibat infeksi jamur dapat terjadi akibat penggunaan tetes mata steroid yang berlebihan atau dalam jangka panjang.

4. Infeksi parasit

Ulkus kornea akibat infeksi parasit paling sering disebabkan oleh Acanthamoeba, yaitu jenis ameba yang hidup di air dan tanah. Infeksi dapat terjadi jika seseorang memakai lensa kontak yang kotor dan terkontaminasi parasit ini.

 

Sumber: https://www.alodokter.com/ulkus-kornea

No Comments

Post A Comment

Call Now

Assalamualaikum, kami senang mendengar anda.

contact with us