MAKANAN SEHAT UNTUK MATA ANAK

MAKANAN SEHAT UNTUK MATA ANAK

Mata adalah jendela dunia. Karenanya, menjaga kesehatan mata penting dilakukan sejak dini. Di era millennial sekarang ini, kesehatan mata menjadi salah satu hal yang membutuhkan perhatikan lebih. Sebab, perkembangan teknologi membuat masyarakat begitu tergantung pada gadget, khususnya komputer, smartphone, dll.

Untuk menjaga kesehatan mata anak anda, pastikan bahwa anda selalu memberikan mereka makanan yang bernutrisi dan baik untuk mata. Salah satunya dengan memberikan makanan-makanan yang mengandung vitamin A pada anak. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan retina pada mata.

Selain vitamin A , ada beberapa vitamin dan mineral lainnya yang juga penting untuk menjaga indera penglihatan anak anda.

Berikut ini adalah 8 makanan yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan dan dapat membantu menjaga kesehatan mata anak anda:

1. Ikan

Ikan air dingin seperti salmon, tuna, sarden dan makarel kaya asam lemak omega-3 yang dapat membantu mencegah mata kering, degenerasi makula dan juga katarak. Jika anda alergi makanan laut, anda bisa menggantinya dengan suplemen minyak ikan.

2. Sayuran hijau

Segala jenis sayuran yang berdaun hijau memiliki khasiat untuk menyehatkan mata. Sayuran ini mengandung beragam vitamin dan mineral, termasuk Vitamin A, Vitamin C, dan kalsium. Contohnya bayam, kaya akan lutein dan zeaxanthin, pigmen penting pada tumbuhan yang dapat menekan perkembangan degenerasi makula dan katarak. Brokoli, kacang polong dan alpukat juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin.

3. Telur

Vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam telur, termasuk lutein dan vitamin A (yang dapat melindungi terhadap kebutaan dan mata kering), dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi mata.

4. Gandum

Makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mengurangi risiko terkena degenerasi makula yang disebabkan oleh usia. Jadi, anda bisa menyertakan beras merah, gandum, dan roti gandum dalam menu harian Anda. Vitamin E, Seng dan Niacin yang ditemukan dalam biji-bijian juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

5. Buah jeruk dan berries

Jeruk, grapefruit, lemon dan berry memiliki kadar vitamin C yang tinggi, yang dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

6. Kacang-kacangan

Pistachio, kenari, almond adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya asam lemak omega-3 dan vitamin E yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

7. Buah dan sayuran yang berwarna

Makanan seperti wortel, tomat, paprika, stroberi, labu, jagung dan blewah adalah sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C, dan karotenoid, senyawa yang memberikan pigmen kuning, oranye dan merah pada buah-buahan dan sayuran, dikatakan dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata.

8. Biji bungamatahari alias kuaci

Biji bunga matahari dapat membantu menjaga kesehatan mata anak anda dan merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin E dan Seng.

Inilah delapan makanan ini bisa meningkatkan kesehatan mata anak anda. Selain menjaga asupan nutrisi anak, anda juga perlu membatasi penggunaan gadget seperti video game atau smartphone yang berlebihan pada anak, karena itu bisa mengganggu kesehatan mata anak anda.

Sultan Agung Eye Center menghadirkan layanan Klinik Mata Anak, Strabismus, dan Low Vision Center, bagi anda yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan konsultasi untuk kesehatan mata anak anda. Info lebih lanjut hubungi hotline 0812 7773 774 (telp/wa)

No Comments

Post A Comment

Call Now

Assalamualaikum, kami senang mendengar anda.

contact with us