LASIK dan BPJS KESEHATAN

LASIK dan BPJS KESEHATAN

Pada umumnya, untuk memperbaiki tajam penglihatan akibat kelainan refraktif, kita memakai kacamata atau lensa kontak. Tetapi tahukah anda bahwa seiring majunya teknologi kedokteran, sekarang sudah ada prosedur tindakan untuk menghilangkan kelainan refraksi pada mata seperti myopia, hipermetropia, dan astigmatisme.

Tindakan tersebut dikenal dengan nama LASIK. Sudahkah ada tau tentang LASIK? LASIK adalah kependekan dari laser-assisted in situ keratomileusis yang merupakan salah satu operasi refraktif untuk memperbaiki kelainan refraktif pada mata.

Operasi LASIK dilakukan oleh dokter spesialis mata dengan menggunakan alat untuk memperbaiki bentuk kornea mata agar ketergantungan pasien pada lensa kontak dan kacamata dapat dihilangkan. Bagi kebanyakan pasien, LASIK memberikan solusi permanen dan menjadi alternatif dari penggunaan kacamata atau kontak lens.

LASIK semakin diminati oleh masyarakat karena mempunyai berbagai kelebihan. Tingkat keberhasilan LASIK sudah terbukti sangat tinggi. Komplikasi yang diakibatkan juga sangat jarang terjadi pada pasien pasca operasi dilakukan. Prosedur operasi LASIK mata cukup singkat, sekitar 10 menit /  mata, sehingga apabila anda mau LASIK langsung 2 bola mata, maka hanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja.

Pada era BPJS sekarang ini, pertanyaan yang sering timbul adalah apakah tindakan LASIK dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan?

Untuk LASIK, selama ini BPJS Kesehatan memang belum memberikan jaminan atas tindakan tersebut. LASIK masuk ke dalam operasi “tidak urgent / esensial” dan dikategorikan sebagai tindakan untuk kosmetika medik,  sehingga operasi LASIK mata tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Jika anda berniat untuk melakukan operasi LASIK, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata yang berpengalaman. Sultan Agung LASIK Center  didukung dengan teknologi terbaru serta tenaga medis yang berpengalaman hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengelihatan yang semakin lebih baik, jelas, dan tajam. Info selengkapnya anda dapat menghubungi hotline Sultan Agung LASIK Center di 0812 7773 774.

No Comments

Post A Comment

Call Now

Assalamualaikum, kami senang mendengar anda.

contact with us