GLAUKOMA, SANG PENCURI PENGELIHATAN

GLAUKOMA, SANG PENCURI PENGELIHATAN

 

Glaukoma adalah penyakit pada saraf penglihatan/saraf optik (optic neuropathy) yang terjadi akibat tekanan bola mata yang tinggi. Kerusakan saraf penglihatan akan memyebabkan penyempitan lapang pandangan yang menetap, dan dapat berakhir dengan kebutaan.

Glaukoma sering tidak bergejala dan jika kondisi ini diabaikan, maka penyakit ini akan terus berkembang dan penderita bisa mengalami kebutaan permanen. Kerusakan mata yang ditimbulkan oleh glaukoma memang tidak dapat diobati secara total (penglihatan tidak bisa sepenuhnya normal kembali). Namun tujuan pengobatan kondisi ini adalah untuk mengontrol tekanan intraokular pada mata dan mencegah meluasnya kerusakan saraf mata. Glaukoma bisa ditangani dengan obat tetes mata, obat-obatan yang diminum, pengobatan laser, atau prosedur operasi.

Faktor utama penyebab glaukoma adalah tekanan bola mata yang meningkat. Meskipun  kerusakan saraf penglihatan dapat juga terjadi pada penderita dengan tekanan bola mata yang normal.

Pemeriksaan mata secara teratur dan deteksi dini adalah cara terbaik untuk mencegah hilangnya penglihatan akibat glaukoma. Terutama untuk penderita dengan riwayat penyakit glaucoma di dalam keluarga.

  1. Pergunakan obat sesuai petunjuk dokter
  2. Pemeriksaan yang teratur (kontrol) untuk mengetahui keadaan mata dan kemungkinan perlunya perubahan pengobatan.
  3. Batasi minum yang mengandung kaffein seperti kopi, teh, dan cokelat
  4. Bagi perokok yang menderita glaukoma, sebaiknya membatasi merokok,
  5. Menghindari kerja fisik dan mental yang berlebihan.
  6. Tidur dan istirahat yang cukup
  7. Bila menderita penyakit lain, sampaikan bahwa anda adalah penderita glaukoma, agar pengobatan anda dapat disesuaikan
  8. Selalu menjalankan pola hidup sehat.

Periksakan pengelihatan anda secara rutin jika anda sudah berusia 40 tahun keatas. Sangat penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami penurunan pengelihatan yang mungkin saja disebabkan oleh glaukoma, dan kenali tanda-tanda glaucoma karena kerusakan mata yang ditimbulkan oleh glaukoma tidak dapat diobati atau diperbaiki kembali.

Sultan Agung Eye Center menyediakan layanan subspesialis untuk penderita glaukoma. Percayakan perawatan kesehatan mata anda kepada ahlinya. Contact us (024) 658 0019 / 0812 7773 774 (WA) untuk info lebih lanjut.

No Comments

Post A Comment

Call Now

Assalamualaikum, kami senang mendengar anda.

contact with us